Tugas Manajemen Strategik
TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK
ANALISIS STRATEGI PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY
Oleh :
Laras Annassya Shabrina
1712070126
Manajemen Intensif
INSTITUT KEUANGAN PERBANKAN DAN INFORMATIKA ASIA
PERBANAS
FAKULTAS MANAJEMEN DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2019
PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk
dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung - Jawa Barat.
Perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Padalarang,
Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131, Padalarang, Kab.
Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga, kemudian
menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971.PT Ultrajaya
melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading
Company.Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam
kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih
se-Asia Tenggara.
Pada awalnya perusahaan yg berawal
dari sebuah rumah di Jln. Tamblong Dalam, Bandung, ini hanya memproduksi susu.
Namun seiring perkembangannya, dia juga memproduksi juice dalam kemasan
bermerek Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari Asem Asli dan Sari
Kacang Ijo. Sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever
Indonesia Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. bisa kembali ke bisnis
utamanya, yaitu produksi susu. Perusahaan yang didirikan oleh Ahmad
Prawirawidjaja ini, seorang pengusaha Tionghoa yg sudah bermukim di Bandung,
sekarang dikomandani oleh generasi kedua, yaitu Sabana Prawirawidjaja, dan
siap-siap diteruskan kepada generasi ketiga, Samudera Prawirawidjaja.
Dan hingga kini, brand unggulan,
UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair. Lahan peternakan
berlokasi di tengan lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia
sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produk kami.
Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian
kami proses dengan teknologi Ultra High Temperature (UHT) digabungan dengan
teknologi pengemasan aseptik.
Kini, hampir 90% total produksi,
kami distribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesai, sementara
kurang lebih 10% produksi, kami ekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa,
Timur Tengah, Australia, dan Amerika.
II. The
Input Stage
1. Internal
Factor Evaluation (IFE) Matrix
No
|
Internal Strategic Factor
|
Quality
|
Rating
|
Score
|
Strenght
|
||||
1
|
SDM yang kompeten dan terlatih dengan
baik
|
0,05
|
4
|
0,2
|
2
|
Produk harga kompetitif
|
0,05
|
3
|
0,15
|
3
|
Memiliki sistem distribusi jaringan yang
besar dan pasang pasar luas
|
0,075
|
4
|
0,3
|
4
|
Citra mek yang kuat karena posisi
sebagai pemimpin besar
|
0,075
|
4
|
0,3
|
5
|
Penjualan meningkat
|
0,025
|
4
|
0,1
|
6
|
Visi pemasaran terfokus
|
0,025
|
3
|
0,075
|
7
|
Pioneer dalam teknologi UHT dan kemasan
karton antiseptik
|
0,075
|
4
|
0,3
|
8
|
Lokasi strategis karena terletak di
lokasi pasokan bahan baku
|
0,025
|
3
|
0,075
|
9
|
Loyalitas konsumen terhadap produk
|
0,075
|
4
|
0,3
|
10
|
Penelitian dan pengembangan intensif
|
0,025
|
3
|
0,075
|
Total
|
0,5
|
36
|
1,875
|
Weakness
|
||||
1
|
Skala eskpor rendah
|
0,075
|
1
|
0,075
|
2
|
Ketersediaan bahan baku
|
0,05
|
2
|
0,1
|
3
|
Biaya produksi tinggi
|
0,075
|
2
|
0,15
|
4
|
Kemasan produk kurang menarik
|
0,075
|
2
|
0,15
|
5
|
Kurang intensnya promosi yang terkenal
oleh selebriti
|
0,05
|
1
|
0,05
|
6
|
Paket karton antiseptik impor
|
0,075
|
1
|
0,075
|
7
|
CSR kurang dipromosikan dengan baik
|
0,025
|
2
|
0,05
|
8
|
Beasiswa hanya untuk area lokal
|
0,025
|
1
|
0,025
|
9
|
Perusahaan selektif dalam program
kunjungan
|
0,025
|
1
|
0,025
|
10
|
Unggul hanya dalam produk susu cair
|
0,025
|
2
|
0,05
|
Total
|
0,5
|
15
|
0,75
|
2. External
Factor Evaluation (EFE) Matrix
No
|
External Strategic Factor
|
Quality
|
Rating
|
Score
|
Opportunity
|
||||
1
|
Menciptakan inovasi baru dengan rasa
baru untuk produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain
|
0,1
|
3
|
0,3
|
2
|
Menjadi sponsor acara sosial atau
bertema kesehatan
|
0,025
|
4
|
0,1
|
3
|
Meningkatnya pertumbuhan penduduk akan
berpeluang untuk memperluas pangsa pasar
|
0,1
|
4
|
0,4
|
4
|
Terus memperluas jaringan distribusi ke
seluruh penjuru Indonesia
|
0,05
|
4
|
0,2
|
5
|
Daya beli di Indonesia terus meningkat
yang akan mendorong konsumsi susu untuk nutrisi
|
0,05
|
4
|
0,2
|
6
|
Mendirikan komunitas Ultra mengkonsumsi
susu dengan kehadiran pemimpin kelompok di berbagai kota
|
0,075
|
3
|
0,225
|
7
|
Menetapkan kedekatan strategi komunikasi
dengan konsumen di media sosial
|
0,05
|
4
|
0,2
|
8
|
Meningkatkan kesadaran masyarakat
terhadap kebutuhan produk minuman sehat
|
0,05
|
3
|
0,15
|
Total
|
0,5
|
29
|
1,775
|
Threat
|
||||
Ekonomi
|
||||
1
|
Kebijakan pemerintah dengan tingkat
pajak yang cukup tinggi
|
0,02
|
2
|
0,04
|
2
|
Fluktuasi nilai tukar
|
0,025
|
1
|
0,025
|
3
|
Globalisasi kawasan perdagangan bebas
|
0,025
|
1
|
0,025
|
4
|
Kenaikann harga BBM
|
0,02
|
2
|
0,04
|
Sosial
|
||||
5
|
Kenaikan upah akibat adanya demo serikat
pekerja
|
0,025
|
1
|
0,025
|
6
|
Tingkat kesadaran di Indonesia yang
rendah dalam mengkonsumsu susu cair
|
0,15
|
1
|
0,15
|
7
|
Munculnya pesaing lokal
|
0,1
|
2
|
0,2
|
8
|
Efek iklim terhadap baku yang
berkualitas
|
0,025
|
1
|
0,025
|
9
|
Ganti pesaing produk dari susu cair
hingga susu bubuk
|
0,03
|
2
|
0,06
|
10
|
Produk susu cair luar negeri ke
Indonesia memiliki citra merk yang tinggi
|
0,05
|
2
|
0,1
|
Politik
|
||||
11
|
Adanya kisruh politik
seperti korupsi
|
0,05
|
1
|
0,05
|
Total
|
0,5
|
15
|
0,74
|
No
|
Indikator
|
Ultrajaya
|
Indomilk
|
Frisian Flag
|
||||||
Quality
|
Rating
|
Score
|
Quality
|
Rating
|
Score
|
Quality
|
Rating
|
Score
|
||
1
|
Reputasi
|
0,1
|
4
|
0,4
|
0,1
|
3
|
0,3
|
0,1
|
4
|
0,4
|
2
|
Budaya
|
0,015
|
3
|
0,045
|
0,01
|
2
|
0,02
|
0,015
|
3
|
0,045
|
3
|
Kompetensi
|
0,15
|
3
|
0,45
|
0,05
|
3
|
0,15
|
0,12
|
3
|
0,36
|
4
|
Harga
|
0,01
|
3
|
0,03
|
0,01
|
3
|
0,03
|
0,02
|
3
|
0,06
|
5
|
Packaging
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,015
|
3
|
0,045
|
0,025
|
2
|
0,05
|
6
|
Segmentasi Pasar
|
0,15
|
4
|
0,6
|
0,1
|
3
|
0,3
|
0,12
|
3
|
0,36
|
7
|
Volume Penjualan
|
0,15
|
4
|
0,6
|
0,15
|
4
|
0,6
|
0,12
|
4
|
0,48
|
8
|
Analisis Rasio Keuangan
|
0,015
|
2
|
0,03
|
0,015
|
3
|
0,045
|
0,01
|
2
|
0,02
|
9
|
Promosi
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,02
|
2
|
0,04
|
0,015
|
3
|
0,045
|
10
|
Teknologi
|
0,02
|
4
|
0,08
|
0,015
|
4
|
0,06
|
0,02
|
4
|
0,08
|
11
|
Keberagaman Produk
|
0,015
|
2
|
0,03
|
0,01
|
2
|
0,02
|
0,01
|
2
|
0,02
|
12
|
Distribusi
|
0,15
|
4
|
0,6
|
0,12
|
3
|
0,36
|
0,12
|
4
|
0,48
|
13
|
Kualitas produk
|
0,01
|
4
|
0,04
|
0,015
|
3
|
0,045
|
0,01
|
3
|
0,03
|
14
|
Layanan Pelanggan
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,03
|
2
|
0,06
|
15
|
Kepuasan Pelanggan
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,015
|
2
|
0,03
|
0,025
|
2
|
0,05
|
16
|
Pengelolaan media sosial yang efektif
|
0,015
|
1
|
0,015
|
0,02
|
2
|
0,04
|
0,03
|
1
|
0,03
|
17
|
Inovasi Produk
|
0,015
|
2
|
0,03
|
0,2
|
3
|
0,6
|
0,01
|
2
|
0,02
|
18
|
Design Produk
|
0,015
|
2
|
0,03
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,01
|
2
|
0,02
|
19
|
Program CSR
|
0,015
|
2
|
0,03
|
0,025
|
2
|
0,05
|
0,15
|
2
|
0,3
|
20
|
Tenaga Kerja Terampil
|
0,05
|
3
|
0,15
|
0,05
|
3
|
0,15
|
0,04
|
3
|
0,12
|
Total
|
1
|
3,36
|
1
|
2,99
|
1
|
3,03
|
Berdasarkan Matriks CPM
diatas maka dapat disimulkan bahwa PT Ultrajaya Milk Industry Tbk masih bisa
mendominasi di banyak bidang karena PT Ultrajaya merupakan pelopor susu cair di
Indonesia sehingga citra merk dan brand image yang tertanam kuat dibenak
konsumen. PT Ultrajaya Milk Industry Tbk bisa menjadi pemimpin pasar jika
dibandingkan dengan pesaingnya yaitu PT Indomilk dan Frisian Flag.
4. SWOT Matrix
SWOT Strategy
Analysis
|
Strenght (S)
|
Weakness (W)
|
|||
1
|
SDM yang kompeten dan terlatih dengan
baik
|
1
|
Skala eskpor rendah
|
||
2
|
Produk harga kompetitif
|
2
|
Ketersediaan bahan baku
|
||
3
|
Memiliki sistem distribusi jaringan yang
besar dan pasang pasar luas
|
3
|
Biaya produksi tinggi
|
||
4
|
Citra mek yang kuat karena posisi
sebagai pemimpin besar
|
4
|
Kemasan produk kurang menarik
|
||
5
|
Penjualan meningkat
|
5
|
Kurang intensnya promosi yang terkenal
oleh selebriti
|
||
6
|
Visi pemasaran terfokus
|
6
|
Paket karton antiseptik impor
|
||
7
|
Pioneer dalam teknologi UHT dan kemasan
karton antiseptik
|
7
|
CSR kurang dipromosikan dengan baik
|
||
8
|
Lokasi strategis karena terletak di
lokasi pasokan bahan baku
|
8
|
Beasiswa hanya untuk area lokal
|
||
9
|
Loyalitas konsumen terhadap produk
|
9
|
Perusahaan selektif dalam program
kunjungan
|
||
10
|
Penelitian dan pengembangan intensif
|
10
|
Unggul hanya dalam produk susu cair
|
||
Opportunity (O)
|
SO Strategy
|
WO Strategy
|
|||
1
|
Menciptakan inovasi baru dengan rasa
baru untuk produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain
|
1
|
Konsisten menawarkan kualitas produk
tertinggi
|
1
|
Mencoba menaikan skala ekspor dengan
memanfaatkan inovasi produk
|
2
|
Meningkatnya pertumbuhan penduduk akan
berpeluang untuk memperluas pangsa pasar
|
2
|
Dengan harga yang kompetitif dan produk
yang terjangkau untuk konsumen dengan terus memperhatikan kualitas produk
maka akan memperluas pangsa pasar
|
2
|
Memaksimalkan untuk menjadi sponsor
acara sosial atau bertema kesehatan untuk meningkatkan CSR
|
3
|
Menjadi sponsor acara sosial atau
bertema kesehatan
|
3
|
Memaksimalkan penjualan dengan menciptakan
inovasi baru
|
||
4
|
Terus memperluas jaringan distribusi ke
seluruh penjuru Indonesia
|
||||
5
|
Daya beli di Indonesia terus meningkat
yang akan mendorong konsumsi susu untuk nutrisi
|
||||
6
|
Mendirikan komunitas Ultra mengkonsumsi
susu dengan kehadiran pemimpin kelompok di berbagai kota
|
||||
7
|
Menetapkan kedekatan strategi komunikasi
dengan konsumen di media sosial
|
||||
8
|
Meningkatkan kesadaran masyarakat
terhadap kebutuhan produk minuman sehat
|
||||
Threath (T)
|
ST Srategy
|
WT Strategy
|
|||
Ekonomi
|
1
|
Mempertahankan produk harga kompetitif
untuk mengantisipasi munculnya pesaing lokal
|
1
|
Membuat iklan produk dengan sistem
endorse dengan para selebriti yang berisi pesan lebih baik minum susu cair
daripada susu bubuk
|
|
1
|
Kebijakan pemerintah dengan tingkat
pajak yang cukup tinggi
|
||||
2
|
Fluktuasi nilai tukar
|
2
|
Melalui penjualan yang meningkat
terutama ekspor akan meningkatkan laba dengan nilai tukar
|
2
|
Mempertahankan ketersediaan bahan baku
sehingga produk bisa bersaing dengan para pesaing
|
3
|
Globalisasi kawasan perdagangan bebas
|
3
|
Dengan citra merk yang kuat, tanamkan di
benak konsumen bahwa susu alami lebih sehat dari susu bubuk
|
||
4
|
Kenaikann harga BBM
|
4
|
Menjaga pasokan bahan baku untuk
menghindari perubahan iklim
|
||
Sosial
|
|||||
5
|
Kenaikan upah akibat adanya demo serikat
pekerja
|
||||
6
|
Tingkat kesadaran di Indonesia yang
rendah dalam mengkonsumsi susu cair
|
||||
7
|
Munculnya pesaing lokal
|
||||
8
|
Efek iklim terhadap baku yang
berkualitas
|
||||
9
|
Ganti pesaing produk dari susu cair
hingga susu bubuk
|
||||
10
|
Produk susu cair luar negeri ke
Indonesia memiliki citra merk yang tinggi
|
||||
Politik
|
|||||
11
|
Adanya kisruh politik seperti korupsi
|
Matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation),
digunakan untuk evaluasi posisi
strategi. Analisa ini merupakan pendekatan yang digunakan untuk menentukan
posisi strategi perusahaan dan individu bisnisnya.
Internal
Strategic Position
Financial Position (FP)
|
Rating
|
Competitive Position (CP)
|
Rating
|
|
Return on Invesment
|
4
|
Market Share
|
-1
|
|
Likuiditas
|
5
|
Kualitas Produk
|
-1
|
|
Modal Kerja
|
4
|
Loyalitas Pelanggan
|
-2
|
|
Arus Kas
|
5
|
Siklus Hidup Produk
|
-2
|
|
Return on Equtiy
|
5
|
Kontrol atas Pemasok
|
-3
|
|
Total
|
23
|
Total
|
-9
|
External Strategic Position
Stability Position (SP)
|
Rating
|
Industry Position (IP)
|
Rating
|
|
Teknologi
|
-2
|
Growht Potential
|
-1
|
|
Permintaan
|
-2
|
Laba
|
-1
|
|
Harga
|
-2
|
Financial
|
-2
|
|
Barrier
|
-4
|
Teknologi
|
-2
|
|
Tekanan Kompetitif
|
-2
|
Pemanfaatan Sumber
Daya
|
-3
|
|
Total
|
-12
|
Total
|
-9
|
Dari tabel
posisi strategi internal dan eksternal dapat dihitung nilai rata-rata sebagai
berikut:
FP
|
4,6
|
CP
|
-1,8
|
SP
|
-2,4
|
IS
|
3,8
|
Selanjutnya
rata-rata akan diperoleh posisi koordinat pada sumbu X dan Y pada matriks SPACE
sebagai berikut:
Dari perhitungan Strategis Internal (FP dan CP) dan Eksternal
Strategis (SP dan IP), PT Ultrajaya Milk Indusrty Tbk. memiliki posisi yang
agresif. Maka dari itu PT Ultrajaya dapat menerapkan penetrasi pasar,
pengembangan produk, integrasi (maju, mundur, horizontal), diversifikasi
(konsentris, horizontal, dan konglomerat).
6. BCG
Matrix
-
Dogs
Produk
PT.Ultra Jaya Milk Industry yang berada pada kuadran ini yaitu :
Mentega : Ultra
Butter, Jus Buah : Gogo Jus Buah, Flavored Fresh Milk ( Ultra Mimi, Susu Sehat
), Teh Celup : Jasmine Tea & Black Tea, Minuman Teh : Teh Bunga, Teh Kotak
Fruit Flavored. Kondisi pada kuadran ini, Market share product kecil, growthnya
kecil, bisa mengakibatkan kebangkrutan atau di liquidasi. PT.Ultra Jaya Milk
Industry Tbk. harus berusaha untuk masuk ke quadrant problem child, dalam
artian market growthnya ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas, memberikan
potongan harga, advertising yang gencar dsb. Kalau kita prediksi susah mencapai
quadrant problem child. Satu – satunya jalan adalah cut loss, jual buru-buru,
tutup produksi daripada menderita kerugian yang besar.
-
Cash Cow
Produk PT.Ultra
Jaya Milk Industry yang berada pada kuadran ini yaitu :
Susu Kental
Manis : Ultra Milk dan Cap Sapi, Minuman Kesehatan : Sari Asem Asli, Minuman
Teh : Teh Bunga, Teh Kotak Fruit Flavored. PT.Ultra Jaya Milk Industry Tbk.
Hanya perlu melakukan maintenance. Pada tingkatan ini, sudah hampir seluruh
market share dikuasai. Growthnya sudah mentok, maka dari itu yang perlu
dilakukan adalah maintenance agar produksi bisa stabil.
-
Question Mark
Produk PT.Ultra
Jaya Milk Industry yang berada pada kuadran ini yaitu : Minuman Teh : Teh Kotak
Jasmine tea, Minuman Kesehatan : Sari Kacang Ijo, Susu Segar : White Fresh Milk
( Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium). Pada kuadran ini, product yang ditawarkan
walau masih mempunyai market share rendah, tapi demandnya sudah kelihatan
banyak sehingga market growthnya tinggi. PT.Ultra Jaya Milk Industry Tbk. perlu
mendorong agar product ini bergeser ke arah quadrant Star. Hal ini bisa
dilakukan dengan cara adveritsing yang gencar, memberi kasih potongan harga,
bundle dengan hadiah menarik.
-
Star
Produk PT.Ultra Jaya
Milk Industry yang berada pada kuadran ini yaitu : Susu Segar : White Fresh
Milk ( UltraMilk Fullcream ), Jus Buah : Buavita Jus Buah. Pada kuadran ini,
Market share sudah dominan tetapi growth masih banyak. PT. Ultra Jaya Milk Industry
bisa melakukan advertising seperlunya saja. Penambahan fitur minor juga dapat
dilakukan dan kerjasama dengan club juga bisa digiatkan.
7. Internal-External (IE) Matrix
Dari hasil matriks IE diatas dapat diketahui
bahwa tingkat EFE PT Ultrajaya Milk Industry Tbk termasuk dalam konsdisi average dan tingkat IFE PT Ultrajaya
Milk Industry Tbk juga termasuk dalam kondisi average. Berdasarkan hasil analisa tersebut maka PT Ultrajaya Milk
Industry Tbk memiliki sedikit keunggulan dari sisi IFE dan berada dalam tahap hold bila dilihat dengan menggunakan
matriks IE. Dalam tahap tersebut maka strategi yang harus dilakukan oleh PT
Ultrajaya Milk Industry Tbk adalah melakukan pengembangan pasar, penetrasi
pasar, melakukan integrasi secara horizontal, integrasi kedepan, integrasi
kebelakang, dan pengembangan produk. Pengembangan pasar yang dilakukan oleh PT
ULtrajaya Milk Industry Tbk mempersiapkan diri dengan memperkuat strategi
perusahaan untuk dapat memasuki pasar global, dan meningkatkan sarana
transportasi di kota-kota kecil dan terpencil guna memperlancar proses
distribusi secara cepat dan merata di seluruh daerah. Penetrasi pasar yang
dilakukan oleh PT Ultrajaya Milk Industry Tbk adalah dengan memastikan agar
persediaan produk PT Ultrajaya Milk Industry Tbk diseluruh wilayah selalu
tersedia sehingga ketika konsumen mencari produk tersebut produk sudah in stock dan menghindari terjadinya
perpindahan konsumen akibat produk habis atau out of stock, memperkuat promosi dengan cara membuat iklan baru
yang menarik dan inofatif untuk ditampilkan di televisi serta membuat sarana
media baru pada instagram dan juga youtube, dan membuat perlombaan misalnya
ajang photography yang menunjukkan
keunggulan produk PT Ultrajaya Milk Industry Tbk sebagai konsep lomba.
Integrasi kedepan yang dilakukan oleh PT Ultrajaya Milk Industry Tbk adalah
dengan membangun factory outlet yaitu
Ultra Milk Outlet yang bertujuan sebagai sarana wisata dan menambah product knowledge PT Ultra Milk Industry
Tbk dibenak konsumen. Integrasi kebelakang yang dilakukan oleh PT Ultrajaya
Milk Industry Tbk adalah dengan membangun peternakan sapi di Sumatra Utara.
Integrasi horizontal yang dilakukan oleh PT Ultrajaya Milk Industry Tbk adalah
dengan menigkatkan produktivitas dari Kiyora yang merupakan hasil join venture antara PT Ultrajaya Milk
Industry Tbk dengan PT ITO EN. Pengembangan produk yang dilakukan oleh PT
Ultrajaya Milk Industry Tbk adalah dengan memunculkan varian rasa baru yaitu
susu ultra rasa pisang.
8. Grand Strategy Matrix
Posisi
perusahaan pada matriks grand strategy
bergantung pada Competitive Profile
Matrix
(CPM) dan Market Growth dari internal perusahaan.
Sumbu
X0 = Rata-rata bobot tertimbang pada CPM
Sumbu
Y0 = Rata-rata persentase growth internal perusahaan
Berdasarkan
tabel diatas, nilai CPM PT Ultrajaya Milk Industry berada pada angka 3,36 dan
growth internal sebesar 2,6. Hal ini menunjukkan bahwa posisi PT Ultrajaya Milk
Industry kuat dalam persaingan namun masih berada pada perkembangan industri
yang lambat. Maka strategi yang tepat yaitu penetrasi pasar, pengembangan
produk, integrasi (maju, mundur, horizontal), diversifikasi (konsentris,
horizontal, dan konglomerat).
9. Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
Perhitungan QSPM
didasarkan kepada input dari bobot matriks internal ekternal, serta alaternatif
strategi pada tahap pencocokan. Strategi 1
yaitu membuat inovasi produk untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan Strategi
2 yaitu membuat iklan produk melalui sistem endorse para selebiritis.
Strenght
|
Quality
|
Strategy 1
|
Strategy 2
|
|||
AS
|
TAS
|
AS
|
TAS
|
|||
1
|
SDM yang kompeten dan terlatih dengan baik
|
0,05
|
3
|
0,15
|
3
|
0,15
|
2
|
Produk harga kompetitif
|
0,05
|
2
|
0,1
|
3
|
0,15
|
3
|
Memiliki sistem distribusi jaringan yang besar dan pasang pasar luas
|
0,075
|
4
|
0,3
|
4
|
0,3
|
4
|
Citra mek yang kuat karena posisi sebagai pemimpin besar
|
0,075
|
4
|
0,3
|
4
|
0,3
|
5
|
Penjualan meningkat
|
0,025
|
1
|
0,025
|
2
|
0,05
|
6
|
Visi pemasaran terfokus
|
0,025
|
1
|
0,025
|
1
|
0,025
|
7
|
Pioneer dalam teknologi UHT dan kemasan karton antiseptik
|
0,075
|
4
|
0,3
|
4
|
0,3
|
8
|
Lokasi strategis karena terletak di lokasi pasokan bahan baku
|
0,025
|
2
|
0,05
|
2
|
0,05
|
9
|
Loyalitas konsumen terhadap produk
|
0,075
|
4
|
0,3
|
4
|
0,3
|
10
|
Penelitian dan pengembangan intensif
|
0,025
|
1
|
0,025
|
1
|
0,025
|
Total
|
0,5
|
26
|
1,575
|
28
|
1,65
|
Weakness
|
Quality
|
Strategy 1
|
Strategy 2
|
|||
AS
|
TAS
|
AS
|
TAS
|
|||
1
|
Skala eskpor rendah
|
0,075
|
3
|
0,225
|
2
|
0,15
|
2
|
Ketersediaan bahan
baku
|
0,05
|
2
|
0,1
|
2
|
0,1
|
3
|
Biaya produksi tinggi
|
0,075
|
2
|
0,15
|
2
|
0,15
|
4
|
Kemasan produk kurang
menarik
|
0,075
|
2
|
0,15
|
2
|
0,15
|
5
|
Kurang intensnya
promosi yang terkenal oleh selebriti
|
0,05
|
1
|
0,05
|
1
|
0,05
|
6
|
Paket karton
antiseptik impor
|
0,075
|
3
|
0,225
|
2
|
0,15
|
7
|
CSR kurang
dipromosikan dengan baik
|
0,025
|
1
|
0,025
|
1
|
0,025
|
8
|
Beasiswa hanya untuk
area lokal
|
0,025
|
1
|
0,025
|
1
|
0,025
|
9
|
Perusahaan selektif
dalam program kunjungan
|
0,025
|
1
|
0,025
|
1
|
0,025
|
10
|
Unggul hanya dalam
produk susu cair
|
0,025
|
2
|
0,05
|
1
|
0,025
|
Total
|
0,5
|
18
|
1,025
|
15
|
0,85
|
Opportunity
|
Quality
|
Strategy 1
|
Strategy 2
|
|||
AS
|
TAS
|
AS
|
TAS
|
|||
1
|
Menciptakan inovasi baru dengan rasa baru untuk produk yang dapat
bersaing dengan perusahaan lain
|
0,1
|
3
|
0,3
|
3
|
0,03
|
2
|
Menjadi sponsor acara sosial atau bertema kesehatan
|
0,025
|
2
|
0,05
|
2
|
0,05
|
3
|
Meningkatnya pertumbuhan penduduk akan berpeluang untuk memperluas pangsa
pasar
|
0,1
|
4
|
0,4
|
4
|
0,4
|
4
|
Terus memperluas jaringan distribusi ke seluruh penjuru Indonesia
|
0,05
|
3
|
0,15
|
3
|
0,15
|
5
|
Daya beli di Indonesia terus meningkat yang akan mendorong konsumsi susu
untuk nutrisi
|
0,05
|
3
|
0,15
|
4
|
0,2
|
6
|
Mendirikan komunitas Ultra mengkonsumsi susu dengan kehadiran pemimpin
kelompok di berbagai kota
|
0,075
|
4
|
0,3
|
4
|
0,3
|
7
|
Menetapkan kedekatan strategi komunikasi dengan konsumen di media sosial
|
0,05
|
3
|
0,15
|
3
|
0,15
|
8
|
Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan produk minuman sehat
|
0,05
|
2
|
0,1
|
3
|
0,15
|
Total
|
0,5
|
24
|
1,6
|
26
|
1,43
|
Threat
|
Quality
|
Strategy 1
|
Strategy 2
|
|||
AS
|
TAS
|
AS
|
TAS
|
|||
Ekonomi
|
||||||
1
|
Kebijakan pemerintah
dengan tingkat pajak yang cukup tinggi
|
0,02
|
2
|
0,04
|
2
|
0,04
|
2
|
Fluktuasi nilai tukar
|
0,025
|
3
|
0,075
|
3
|
0,075
|
3
|
Globalisasi kawasan
perdagangan bebas
|
0,025
|
4
|
0,1
|
4
|
0,1
|
4
|
Kenaikann harga BBM
|
0,02
|
3
|
0,06
|
3
|
0,06
|
Sosial
|
||||||
5
|
Kenaikan upah akibat
adanya demo serikat pekerja
|
0,025
|
1
|
0,025
|
1
|
0,025
|
6
|
Tingkat kesadaran di
Indonesia yang rendah dalam mengkonsumsu susu cair
|
0,15
|
3
|
0,45
|
3
|
0,45
|
7
|
Munculnya pesaing
lokal
|
0,1
|
4
|
0,4
|
4
|
0,4
|
8
|
Efek iklim terhadap
baku yang berkualitas
|
0,025
|
2
|
0,05
|
2
|
0,05
|
9
|
Ganti pesaing produk
dari susu cair hingga susu bubuk
|
0,03
|
3
|
0,09
|
2
|
0,06
|
10
|
Produk susu cair luar
negeri ke Indonesia memiliki citra merk yang tinggi
|
0,05
|
2
|
0,1
|
1
|
0,05
|
Politik
|
||||||
11
|
Adanya kisruh politik
seperti korupsi
|
0,05
|
1
|
0,05
|
1
|
0,05
|
Total
|
0,5
|
27
|
1,39
|
25
|
1,36
|
Berdasarkan
analisis QSPM didapat nilai 5,59 untuk strategi 1 dan 5,29 untuk strategi 2. Maka
dari itu sebaiknya PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. Menerapkan strategi 1 yaitu membuat inovasi produk untuk
dapat meningkatkan pangsa pasar. Hal ini
dilakukan karena dengan menerapkan strategi 2, PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. Bisa
melakukan pengembangan dan inovasi produk untuk mencapai kualitas produk yang
sesuai dan spesifikasi pasar agar produk memiliki diferensiasi dan bisa menjadi
pemimpin pasar domestik.
Struktur Organisasi PT Ultrajaya Milk Industri
Strategi
Perusahaan
1.
Strategi Korporat
a. Integration Strategies
PT. Ultrajaya memiliki kemampuan untuk
melakukan ekspansi, karena kondisi eksternalnya menarik dan kondisi internal yang mendukung. Strategi yang digunakan PT. Ultrajaya menggunakan :
- Vertical Growth
Ultrajaya mengambil alih fungsi pemasok dan distributor
dengan tujuan meminimalisir biaya dan menggunakan backward integration
yaitu Ultrajaya mendirikan peternakanan sapi di Bandung Selatan dan di
Sumatra agar
mengahsilkan susu sendiri yang berkualitas dan Ultrajaya bekerja sama dengan PT
Perkebunan (PTP) sebuah pabrik pengolahan teh yang berkualitas.
b. Diversification Strategies
Ultrajaya
melakukan pendekatan Concentric/related diversification yaitu
mengembangkan usaha yang masih terkait dengan bisnis utama dalam produksi dan
menjalin kerja sama dengan perusahaan seperti berikut :
1. PT. Kraft Indonesia bergerak dalam bidang industri keju.
2. PT. Nikos Distribution Indonesia bergerak di bidang
distribusi, perdagangan, angkutan, dan jasa.
3. PT. Ultra Ito-En Manufacturing bergerak dalam bidang
industri Teh Hijau
4. PT. Ito-En Ultrajaya Wholesale didirikan oleh Ultrajaya
untuk memasarkan, menjual, dan mendistribusikan produk Teh Hijau RTD.
5. PT. Ultra Sumatra Dairy Farm bergerak dalam bidang
pertanian, peternakan, dan perdagangan dan didirikan dengan tujuan untuk
mengembangkan peternakan sapi perah di daerah Sumatra.
6. PT. Ultra Peternakan Bandung Selatan bergerak dalam
bidang pertanian, peternakan, dan
perdagangan.
7. PT. Ultra Agri Lestari bergerak dalam bidang pertanian,
dan perdagangan.
c. Stability
Strategy
PT. Ultrajaya
memilih strategy No Change/tanpa perubahan yaitu PT. Ultrajaya tidak melakukan
apa-apa dan PT. Ultrajaya tetap melakukan strategi yang telah dijalankan dan
menggunakan strategi Profit Strategy/Laba sama halnya
dengan hal diatas PT. Ultrajaya tidak melakukan perubahan yang sangat
significant dan tetap menjalankan strategi yang dijalankan pada kondisi
lingkungan yang menurun dan Ultrajaya masih bisa mendapatkan laba dalam jangka
waktu pendek.
d. Portofolio
Strategy
BCG Growth –
Share Matrix
Kekuatan utama PT. Ultrajaya terletak
pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun brand image yang kuat dan memperlebar
berbagai macam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Indonesia.
Untuk
melaksanakan hal ini, PT. Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan
dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling
penting, distribusi.Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia
yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah
Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal
ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir
yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel hotel dan pelanggan
komersial.Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT.
Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan,
serta kantor cabang yang berada di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa
distributor lokal.
Pasar utama
PT. Ultrajaya adalah masyarakat Inndonesia dengan populasi 200 juta orang yang
memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen
dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai
aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu. PT Ultrajaya memiliki
berbagai pengklasifikasian minuman seperti minuman susu segar UHT, teh UHT, jus
buah UHT, minuman kesehatan UHT, susu kental manis. PT Ultrajaya memiliki
beberapa jenis produksi seperti ultra milk full cream, buavita, teh kotak,
ultra sari kacang ijo, susu ultra kental manis.
e. Coorporate Parenting
Minat konsumen untuk membeli kembali produk PT. Ultrajaya dipengaruhi oleh
sikap dan norma subyektif dari konsumen. Contoh sikap konsumen adalah adanya
keyakinan terhadap kualitas produk PT. Ultrajaya, sedangkan contoh norma
subyektif adalah keyakinan konsumen untuk mengikuti referensi dari orang tua,
adik/kakak, sahabat/rekan kerja, atau tetangganya. Perilaku masa lalu juga
tidak kalah penting dalam mempengaruhi minat beli. Konsumen yang pernah mengkonsumsi
produk PT. Ultrajaya akan menjadikannya sebagai pengalaman dan akan menggunakan
pengalamannya tersebut sebagai penentu keputusan pembelian ulang. Dalam hal ini
jika konsumen mempunyai pengalaman yang baik berkaitan dengan produk PT.
Ultrajaya maka ia akan melakukan pembelian ulang terhadap produk perusahaan,
akan tetapi jika konsumen mempunyai pengalaman yang buruk, maka ia tidak akan
membeli kembali produk perusahaan. Sebagai contoh jika konsumen pernah
mengalami keracunan ketika mengkonsumsi produk PT Ultrajaya, maka besar
kemungkinan ia tidak akan membeli kembali produk dari PT Ultrajaya dimasa yang
akan datang.
Berkaitan dengan uraian di atas, penulis bermaksud mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan perilaku lampau terhadap minat membeli kembali pada konsumen PT. Ultrajaya yang pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku membeli konsumen.
Berkaitan dengan uraian di atas, penulis bermaksud mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan perilaku lampau terhadap minat membeli kembali pada konsumen PT. Ultrajaya yang pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku membeli konsumen.
2 .
Strategi Bisnis
PT. Ultrajaya berencana
untuk secara selektif mengembangkan portofolio produk dengan fokus yang berkelanjutan pada
pemrosesan UHT untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi inti, dan mengembangkan
produk-produkdengan penempatan posisi merek sebagai produk-produk segar, sehat
dan berkualitas tinggi. Dan PT. Ultrajaya yakin
bahwa terdapat peluang pertumbuhan di masa mendatang yang signifikan di dalam
segmen teh RTD untuk mengembangkan produk-produk baru. Untuk mencapainya, PT. Ultrajaya baru saja
mendirikan dua perusahaan patungan bersama Ito En Asia.
3 .
Strategi Fungsional
a. Aspek SDM
PT. Ultrajaya mementingkan
keselamatan di tempat kerja di seluruh operasidan menjalankan standar yang
berlaku di Indonesia untuk kesehatan dan keselamatan industri. Dan berupaya untuk
meminimalisir risiko kecelakaan, cedera dan penyakit pada para pegawai dengan
memantau dan meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan, serta merumuskan
kebijakan yang dirancang untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang aman. PT. Ultrajaya mengoperasikan
suatu departemen kesehatan dan keselamatan yang terdiri dari dua orang yang
bertanggung jawab merumuskan, meningkatkan dan menerapkan prosedur keselamatan
dan memastikan bahwa prosedur keselamatan dipatuhi. Departemen kesehatan dan
keselamatan memantau dengan ketat dan mengaudit operasi produksi secara rutin
untuk memantau pelaksanaan prosedur keselamatan.
b. Aspek Teknologi
Mulai tahun 2012, PT. Ultrajaya menerapkan suatu
sistem Oracle ERP, yang telah meningkatkan kemampuan
operasional dan analitis dengan meningkatkan efisiensi operasional.Hal ini
menggantikan sistem SAP ERP yang telah digunakan
selama sepuluh tahun.Sistem
konektivitas penjualan dan penelusuran in-house, sistem Oracle ERP juga telah
dikonfigurasikan agar dapat bekera bersamaan, yang memungkinkan untuk memantau
penjualan harian di seluruh jaringan distribusi di Pulau Jawa. Selain itu,PT. Ultrajaya sedang dalam
proses menerapkan sistem manajemen kinerja usaha Hyperion untuk meningkatkan
kemampuan perencanaan usaha dan pelaporan keuangan.
c. Aspek Riset dan Pengembangan
PT. Ultrajaya memiliki suatu tim penelitian dan
pengembangan yang berdedikasi dengan tujuan untuk memperluas penawaran
produkdan meningkatkan efisiensi proses produksi. Sebagai contoh, produk-produk
"Ultra Mimi" dan "Teh Kotak Less Sugar”diperkenalkan oleh tim
penelitian dan pengembangan. PT. Ultrajaya
berencana untuk terus memantau pasar untuk peluang-peluang baru untuk potensi
peluncuran produk, dengan mengandalkan keahlian produk yang sudah ada. Sebagai
contoh, PT. Ultrajayaakan terus
mencari cara untuk mengembangkan produk-produk susu dengan rasa yang baru serta
produk-produk yang fungsional dan bernilai tambah yang diyakini memiliki potensi
pertumbuhan yang signifikan di masa mendatang. Selanjutnya, juga secara
historis telah mempertimbangkan meluncurkan produk-produk minuman yoghurt UHT
dan segmen-segmen susu pasteurisasi dan mungkin akan mencari cara untuk
meluncurkan produk-produk demikian di pasar pada waktu yang tepat.
Implementasi Strategi
Implementasi strategi adalah proses di mana manajemen mewujudkan
strateginya dalam bentuk program, prosedur dan anggaran. Implementasi strategi
juga dapat diartikan sebagai pengembangan strategi dalam bentuk tindakan.
Implementasi strategi diperlukan untuk merinci secara
lebih konkrit dan jelas bagaimana sesungguhnya pilihan strategi yang telah
ditentukan akan direalisir pada periode waktu yang telah ditentukan. Strategi
yang baik tanpa pelaksanaan yang efektif tidak mungkin akan berhasil. Di
samping itu, diperlukan koordinasi manajemen yang baik untuk menghubungkan
strategi dengan rencana-rencana pelaksanaannya.
1. Siapa yang Mengimplementasikan?
Pengimplementasian strategi yang
sudah diterapkan perusahaan tergantung terhadap skala organisasi dan Struktur
Organisasi yang ada, implementasi yang diterapkan oleh PT. Ultrajaya dilakukan
oleh para Manajer, Dewan Komisaris, Direksi dan Komite Audit dan pemangku
kepentingan perusahaan.
Banyak orang dalam organisasi
yang memegang peranan penting dalam menentukan suksesnya implementasi strategi,
yang justru mungkin hanya lebih sedikit dilibatkan dalam mengembangkan strategi
perusahaan. Oleh karena itu, mereka cenderung akan menolak untuk bekerja dan
menyediakan data yang diperlukan dalam perumusan proses kerja sebuah
perencanaan strategis. Penolakan dan keengganan untuk berpartisipasi akan makin
terlihat apabila perubahan misi, tujuan, strategi dan kebijakan-kebijakan
penting perusahaan tidak dikomunikasikan dengan jelas dan transparan kepada
seluruh manajer operasional. Para manajer operasional berharap dapat mempengaruhi
manajemen puncak untuk meninggalkan perubahan baru yang direncanakan dan mulai
kembali dengan cara yang lama. Itulah sebabnya untuk menghindari terjadinya
kemungkinan buruk tersebut, sangat mungkin untuk melibatkan manajer tingkat menengah dalam seluruh
proses, baik dalam proses perumusan maupun implementasinya untuk mencapai
kinerja organisasi yang lebih baik
2. Apa yang Dilakukan?
Untuk mengimplementasikan strategi, PT. Ultrajaya
memerlukan rumusan program-program dan prosedur yang akan dilakukan oleh PT.
Ultrajaya.
a. Program
PT. Ultrajaya melakukan program ekspor ke beberapa
negara termasuk Australia, Kamboja, Mikronesia, Nigeria, Arab Saudi, Korea
Selatan dan Amerika Serikat dan PT. Ultrajaya melakukan perjanjian Toll Manufacturing dengan Unilever Indonesia
dan dengan Sanghiang Perkasa dimana PT. Ultrajaya dimana perjanjian tersebut
menyatakan tentang standar pengendalian kualitas.
b. Prosedur
Dalam Program Ekspor yang dilakukan oleh PT. Ultrajaya
prosedur yang dilalukan antara lain melalui sebelas agen yang berlokasi di luar
Indonesia. Dan untuk prosedur Toll
Manufacturing PT. Ultrajaya melakukan dengan cara menjalin kerja sama
dengan Unilever Indonesia dan Sanghiang Perkasa dimana perjanjian dengan
Unilever Indonesia mengatur produksi dan pengemasan jus buah UHT sedangkan
untuk perjanjian dengan Sanghiang Perkasa itu sendiri mengatur perjanjian
pengolahan dan pengemasan susu bubuk bayi.
3.
Balance
Scorecard dan Peta Strategi untuk Mengevaluasi Kinerja
a. Balance
Scorecard
Tabel Balance
Scorecard PT. Ultrajaya Milk Industry
Perspektif
|
Strategi
|
Uraian
Strategi
|
Indikator
|
Keuangan
|
Pertumbuhan keuntungan yang
berkelanjutan
|
Program
ekspor
Peningkatan brand image
|
Melakukan ekspor melalui 11 agen di
luar Indonesia dan meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan lain
|
Pelanggan
|
Produk yang berkualitas
|
Memproduksi dengan teknologi yang
mutakhir
|
Teknologi yang dimiliki oleh
Ultrajaya seperti pengolahan dengan sistem UHT yang menghasilkan kepercayaan
masyarakat terhadap produk Ultrajaya
|
Proses Bisnis
Internal
|
Peningkatkan kualitas produk
|
Meningkatkan banyak produk
|
Memproduksi berbagai macam produk
seperti susu, jus buah dan minumah teh
|
Peningkatan laba
|
Meningkatkan kinerja operasional
|
Meningkatkan kapasitas produksi
dengan menambah lini-lini produksi untuk meningkatkan kapasitas produk
|
|
Pembelajaran
dan Pertumbuhan
|
Meningkatkan kualitas kinerja yang
lebih baik
|
Budaya kompetensi seluruh karyawan
Ultrajaya
|
Penempatan karyawan yang sesuai
dengan kemampuan, melakukan training pada karyawan
|
b. Peta Strategi
Tabel Peta Strategi PT. Ultrajaya Milk Industry
Evaluasi
Strategi
Evaluasi
strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategis. Para manajer sangat
perlu mengetahui kapan strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik, evaluasi
strategi berarti usaha untuk memperoleh informasi ini. Semua strategi dapat
dimodifikasi di masa depan karena faktor-faktor eksteral dan internal selalu
berubah.
Tiga
macam aktivitas mendasar untuk mengevaluasi strategi adalah
1. Meninjau
factor-faktor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi yang sekarang,
2. Mengukur prestasi,
3. Mengambil tindakan
korektif.Aktivitas perumusan startegi, implementasi dan evaluasi terjadi di
tiga tingkat hirarki dalam organisasi yang besar, korporasi, divisi atau unit bisnis strategis, dan fungsional.
Hakekat
Evaluasi Strategi
Proses manajemen strategis menghasilkan keputusan yang
dapat mempunyai konsekwensi yang signifikan dan jangka panjang. Keputusan
strategis yang salah dapat menimbulkan kerugian besar, yang akan sulit sekali
untuk memperbaikinya.
Oleh karena itu banyak perencana strategi sepakat
bahwa mengevaluasi strategi sangat penting untuk kehidupan organisasi; evaluasi
yang tepat waktu dapat memperingatkan manajemen akan adanya masalah atau
potensi masalah sebelum menjadi kritis.
Evaluasi strategi bisa merupakan proses yang rumit dan
sensitif. Terlalu banyak kegiatan mengevaluasi strategi dapat menghabiskan
biaya yang sangat mahal dan bisa jadi kontra produktif. Evaluasi strategi
penting untuk memastikan tujuan-tujuan strategi yang dapat ditetapkan dapat
tercapai.
a. Kegiatan Evaluasi
strategi
Mengkaji
landasan strategi bisnis/perusahaan Membandingkan hasil yang diharapkan dengan
kenyataan Mengambil tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja sesuai
dengan rencana
b. Kriteria Evaluasi
Strategi
Konsistensi; sebuah strategi
tidak boleh memiliki tujuan dan kebijakan yang tidak konsisten. Kelayakan;
sebuah strategi tidak boleh terlalu banyak membebani sumberdaya yang ada maupun
tidak boleh menciptakan sub masalah yang tidak dapat dipecahkan Kesesuaian;
kesesuaian mengacu pada kebutuhan para perencana strategi untuk mengkaji
serangkaian trend maupun masing-masing tren dalam mengevaluasi
strategi.Keunggulan, sebuah strategi harus mendorong penciptaan dan/atau
mempertahankan keunggulan kompetitif dibidang kegiatan tertentu.
c. Alasan perlunya Evaluasi
Strategi
Semakin kompleknya masalah
lingkunganSemakin sulitnya memprediksi masa organisasi. Berkurangnya rentang
waktu dimana perencanaan dapat dilakukan dengan tingkat ketepatan tertentu.
d. Proses Evaluasi
Strategi
Evaluasi strategi harus
mempertanyakan harapan dan asumsi manjerial, harus memicu tinjauan sasaran dan
nilai dan harus merangsang kreativitas dalam menghasilkan alternative dan
memformulasikan kreteria evaluasi.Evaluasi strategi harus dilak asnakan secara
berkelanjutan, bukannya diakhir periode waktu tertentu atau hanya setelah
terjadi masalah
e. Mengkaji ulang
Landasan strategi
Mengembangkan matrik EFE dan EFI
yang telah direvisi. Matrik EFI yang sudah direvisi harus fokus pada perubahan
dalam kekuatan dan kelemahan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting,
produksi/operasi, litbang dan SIM Matrik EFE yang sudah direvisi harus
menujukkan seberapa efektif strategi perusahaan dalam merespon peluang dan
ancaman utama.
f. Mengukur Kinerja
Organiasi
Aktifitas ini termasuk
membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya, menyelidiki
penyimpangan dari rencana, mengevaluasi prestasi individual dan menyimak
kemajuan yang dibuat kearah pencapaian sasaran yang dinyatakan. Sasaran jangka
panjang dan sasaran tahunan biasanya dipakai dalam proses ini. Kreteria untuk
mengevaluasi strategi harus dapat diukur dan mudah dibuktikan. Evaluasi
strategi didasarkan pada kreteria kuantitatif maunpun kualitatif Kreteria
kuantitatif biasanya digunakan untuk mengevaluasi strategi adalah rasio
keuangan; ROI, ROE, Laba per saham, pertumbuhan asset, pangsa pasar, dll.
Dalam proses evaluasi strategi,
manajer akan membandingkan hasil-hasil pelaksanaan strategi dengan tingkat
pencapaian tujuan yang diinginkannya. Tujuan belum atau tidak tercapai dapat
disebabkan oleh strategi yang dipilih tidak dapat diimplementasikan dengan
benar. Bisa juga ketidakberhasilan tersebut disebabkan oleh kurang sesuainya
strategi yang tidak dipilih dengan perubahan lingkungan perusahaan. Oleh karena
itu, perlu diadakan evaluasi strategi melalui proses sebagai berikut :
1. Membuat target performance
perusahaan, standart dan batas toleransi untuk pencapaian tujuan strategi dan
perencanaan implementasinya.
2. Mengukur posisi perusahaan
dihubungkan dengan target yang telah ditentukan. Bila hasilnya diluar batas,
informasikan pada manajemen dengan pertimbangan agar segera diambil tindakan.
3. Menganalisa perbedaan dengan
batas toleransi yang diterima.
4. Melakukan modifikasi bila perlu
dan atau layak.
Mengkaji Ulang Landasan Strategi
Buat revisi Matriks Evaluasi Faktor
Internal (IFE): Kekuatan & Kelemahan
Bandingkan Matriks IFE revisi dengan yang
sudah ada
Buat revisi Matriks Evaluasi Faktor Eksternal
(EFE): Peluang & Ancaman
Bandingkan Matriks EFE revisi dengan yang
sudah ada.
Kesimpulan:
PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung Jawa Barat. Perusahaan multinasional yang memproduksi minuman dan berawal dari industri rumah tangga, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971 PT. Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company dan merupakan perusaab pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara.
Kelemahan dan kekurangan yang dimiliki PT. Ultrajaya merupakan tantangan terbesar yang harus diperhatikan agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya melalui analisis SWOT dan analisis faktor internal dan eksternal diharapkan bisa menjadi pembelajaran agar perusahaan bisa bersaing di masa yang akan datang.
PT. Ultrajaya memiliki strategi-strategi perusahaan yang diterapkan untuk keberlangsungan proses kinerja internal perusahaan diantaranya strategi korporat yaitu meliputi Integration Strategy, Diversification Strategy, Stability Strategy, Retrenchment Strategy, dan Coorporate Parenting. Serta strategi bisnis yang dilakukan perusahaan dan Strategi Fungsional yang meliputi aspek SDM, Teknologi, Riset dan Pengembangan.
Implementasi strategi PT. Ultrajaya diterapkan dalam program-program yang akan dilakukan secara bertahap di masa yang akan datang dan implementasi perusahaan diterapkan dalam Balance Scorecard dan Peta Strategi.
sangat berguna. terimakasihhh
ReplyDeleteTerima kasih atas informasinya, sangat berguna sekali.
ReplyDeleteTerimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat
ReplyDeleteBagus sekali analisisnya semoga bisa diterapkan di perusahaan
ReplyDeleteAnalisis sudah lengkap dan pembahasannya sudah komprehensif, sehingga akan membantu PT Ultrajaya Milk Industry dalam mengevaluasi kinerjanya agar semakin lebih baik
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAnalisis baik dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. Saya kira baik untuk diterapkan di perusahaan yg bersangkutan
ReplyDeleteThanks sis infonya.. analisisnya keren, bisa buat rujukan kuliah ane nih
ReplyDelete░░░░░░░░░░░░▄▄
ReplyDelete░░░░░░░░░░░█░░█
░░░░░░░░░░░█░░█
░░░░░░░░░░█░░░█
░░░░░░░░░█░░░░█
███████▄▄█░░░░░██████▄
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░ THANKS, ░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░For the Info░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░SISTAAA!░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█
▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░░█
██████▀░░░░▀▀██████▀
Analisis yang dibuat menurut saya sudah lengkap dan berguna untuk meningkatkan performa dan bisnisnya di perusahaan tersebut!
Analisis yang dijabarkan sangat baik. Sangat bermanfaat bagi pembaca dan bagi perusahaan sebagai acuan perkembangan bisnisnya
ReplyDeleteanalisis yang diberikan sangat lengkap bisa menjadi bahan untuk perencanaan strategi perusahaan tersebut dan menjadi referensi bahan perkuliahan👍🏻
ReplyDeleteterimakasih infonya, ini sangat membantu untuk pembaca memberikan pengetahuan juga terhadap pembaca
ReplyDeleteTerimakasih atas infonya, dengan adanya analisis strategi ini dapat dengan mudah mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan, sehingga perusahaan dapat menentukan rencana seperti apa yang perlu diterapkan untuk menjadi unggul
ReplyDeleteAnalisis yang baik sekali, sangat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih
ReplyDeleteterima kasih infonya sangat bermanfaat untuk referensi perkuliahan
ReplyDeletesangat bermanfaat bagi saya, terima kasih informasinya
ReplyDeletekeren banget kak informasinya, izin menjadi rujukan tugas kuliah ya :D thank you!
ReplyDeleteTic Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac - Titanium Art
ReplyDeleteTico Tac Tac titanium damascus knives Tac Tac Tac Tac benjamin moore titanium Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac 라이브스코어 Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac Tac titanium or ceramic flat iron Tac $5.49 · Out babyliss pro nano titanium straightener of stock